Sunday, January 28, 2018

Tempat Wisata di Sidoarjo

20 Tempat Wisata di Sidoarjo yang Wajib Anda Kunjungi Pada Saat Liburan 

Sidoarjo merupakan salah satu kota berkembang di Jawa Timur yang memiliki beragam
potensi strategis, mulai dari industri dan perdagangan, usaha kecil dan menengah (UKM), 
hingga pariwisata. Keberadaannya sebagai salah satu penyangga Kota Surabaya, juga 
menjadikan kota yang dikenal dengan sebutan Kota Udang ini banyak dikunjungi oleh 
masyarakat luas. Terlebih, pasca gemparnya tragedi "Lumpur Lapindo" nama Kota Sidoarjo 
semakin terkenal di seantero Indonesia. Namanya kian terekspos dalam pemberitaan-
pemberitaan nasional, hingga penyematan nama "Kota Lumpur" seolah menjadi ikon baru dari 
kota yang juga termasuk dalam kawasan Gerbang Kertosusilo ini.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan kota ini dan berencana untuk mengunjunginya, 

berikut tempatwisatadiSidoarjo yang bisa Anda kunjungi.

1. Pulau Sarinah dan Wisata Bahari Tlocor

Pulau Sarinah dan Wisata Bahari Telocor



Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang dikenal dengan keindahan pulau-pulaunya yang menawan. Namun, pernahkah Anda membayangkan sebuah pulau cantik yang muncul di tengah-tengah kepungan lumpur? Ya, itulah keunikan Pulau Sarinah yang ada di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.
Pulau ini merupakan hasil sedimentasi dari semburan lumpur Lapindo sejak tahun 2006. Semburan lumpur yang bertahun-tahun ini akhirnya membentuk sebuah endapan dan menghasilkan sebuah pulau, yang oleh masyarakat sekitar disebut Pulau Sarinah. Kini, berkat kerja keras masyarakat setempat yang mencoba menanaminya dengan pohon bakau dan tanaman-tanaman lain, pulau seluas 80 hektare ini menjadi pulau yang asri dan rindang.
Anda bisa menikmati keindahannya dengan mengikuti paket Wisata Bahari Tlocor yang dimulai dari dermaga Tlocor, sekitar 15 km arah timur dari kecamatan Porong, Sidoarjo. Dari sini, dengan menggunakan perahu nelayan yang disewakan, Anda bisa menuju Pulau Sarinah sembari menikmati perjalanan menyusuri sungai dengan pemandangan hutan bakau yang asri.
Jika kondisi sedang surut, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai di Pulau Sarinah. Namun, jika dalam kondisi pasang, waktu perjalanan bisa menjadi lebih lama. Sedangkan untuk biaya, dibutuhkan sekitar Rp150.000-200.000 per sewa perahu. Keindahan dan keunikan pulau ini bisa Anda setiap hari, dengan waktu terbaiknya mulai pukul 5 pagi hingga sore menjelang senja.

2. Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo 

Masih lekat dalam ingatan bagaimana tragisnya bencana lumpur Lapindo yang berhasil meluluhlantakkan kehidupan masyarakat Sidoarjo 11 tahun silam. Bencana yang diakibatkan oleh aktivitas pengeboran perusahaan Lapindo ini telah merenggut harta benda dan kehidupan masyarakat di lebih dari 16 desa. Bahkan, sebagian besar area Sidoarjo telah berubah menjadi hamparan lumpur.

Namun, ternyata di balik bencana tragis tersebut tersimpan hikmah indah yang perlahan mulai terkuak. Salah satu di antaranya adalah potensi wisata. Tentu, berkat pemberitaan-pemberitaan di media nasional yang menggemparkan, banyak orang jadi penasaran hingga akhirnya datang langsung untuk menyaksikan lautan lumpur Lapindo. Dan perlahan, geliat ekonomi masyarakat setempat pun mulai kembali bergerak.

Tidak hanya itu, kini di kawasan wisata Lumpur Lapindo ini juga terdapat destinasi wisata menarik dan unik, yaitu wisata patung lumpur. Anda bisa menjumpai banyak patung-patung unik yang dibentuk layaknya orang tenggelam dalam genangan lumpur.

Jika tertarik untuk menikmatinya, Anda bisa langsung menuju kawasan wisata Lumpur Lapindo di kecamatan Porong, Sidoarjo. Di sini, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Anda pun bebas menikmati wisata unik ini tanpa batasan waktu, meski waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat sore hari.


















Share:

0 comments:

Post a Comment

Press

press
Powered by Blogger.

Contributors

Tempat Wisata di Sidoarjo

20 Tempat Wisata di Sidoarjo yang Wajib Anda Kunjungi Pada Saat Liburan  S idoarjo merupakan salah satu kota berkembang di Jawa Timur yang...

Search This Blog

Blog Archive

Categories

Pages

Blog Archive